China rilis gambar yang diabadikan oleh satelit penginderaan jauh hiperspektral

2023-03-29 10:59:48
  

Sebuah roket Long March-2D yang mengangkut satelit Gaofen-5 01A lepas landas dari Pusat Peluncuran Satelit Taiyuan di Provinsi Shanxi, China utara, pada 9 Desember 2022. (Xinhua/Zheng Bin)

   BEIJING, 28 Maret (Xinhua) -- Badan luar angkasa China pada Selasa (28/3) merilis kumpulan gambar pertamanya yang diabadikan oleh satelit penginderaan jauh milik negara itu, Gaofen-5 01A, yang dapat digunakan untuk pendeteksian gas rumah kaca, pemantauan kualitas air di pedalaman, dan survei sumber daya mineral.

   Ke-14 gambar tersebut mencakup pemantauan konsentrasi kolom ozon global, pemantauan konsentrasi kolom nitrogen dioksida global, pemantauan suhu kecerahan (brightness temperature), dan pemantauan es laut, menurut Administrasi Luar Angkasa Nasional China (China National Space Administration/CNSA).

   Gaofen-5 01A, satelit observasi Bumi hiperspektral yang diluncurkan ke luar angkasa pada 9 Desember tahun lalu, menyediakan data untuk misi pengurangan polusi, pemantauan lingkungan, survei sumber daya alam, dan studi perubahan iklim.

   Satelit itu beredar di orbit regresi sinkron Matahari, 705 kilometer di atas Bumi. Sampai saat ini, satelit tersebut telah mengumpulkan 320 terabita data dan menghasilkan 12.256 frame gambar level-1 yang nantinya akan diberikan kepada para penggunanya.  Selesai